Kemarin saya baru saja memberikan pelatihan bulanan guru-guru di lembaga kami. Materi-materi yang diberikan lebih kepada soft skills dari seorang guru dan Alhamdulillah mereka cukup terbawa emosi yang positif selama pelatihan tersebut.
Beberapa materi yang diberikan adalah diantaranya Role of Teacher (Peran seorang Guru). Materi tersebut memang adalah materi wajib kami bagi para guru dan akan selalu diulang-ulang. Peran seorang guru adalah
1. Moderator
2. Counsellor
3. Advisor
4. Manager
5. Police
6. Parents
7. Guide
8. Censor
Pada pelatihan juga disinggung apakah kita ingin menjadi guru yang baik yang selalu mengikuti keinginan siswanya atau menjadi menjadi guru yang ideal yaitu mengetahui bagaimana kebutuhan siswanya dan menangani permasalahan siswanya.
Pada pelatihan juga diputarkan sebuah film inspirasi mengenai seorang guru yang merasa telah menjadi seorang guru yang baik tetapi pada saat dia menemukan salah seorang muridnya yang bermasalah, dia merasa bahwa sebenarnya dia tidak tahu bagaimana mengajar dan akhirnya dia belajar dari muridnya tersebut sehingga sang murid berhasil. Para guru yang menonton film tersebut merasa diobok-obok emosinya sehingga tak kuasa untuk meneteskan air mata dan kita menjadi merasa bahwa masih banyak yang harus dipelajari sebagai seorang guru. Menjadi seorang guru itu gampang tetapi menjadi seorang guru yang ideal, yang benar-benar memahami para siswanya, itu yang sulit….tapi sulit bukan berarti tidak bisa dilakukan…..
Kemampuan soft skills dari seorang guru sangat penting dimiliki selain tentu saja kemampuan hard skills-nya. Kemampuan soft skill seorang guru diantaranya kemampuan untuk mengatasi permasalahan siswa baik yang menyangkut pelajaran maupun diluar itu, pengetahuan tentang psikologi perkembangan anak, pengetahuan tentang bagaimana seorang anak itu belajar dan yang lainnya……
Dengan kita memiliki kemampuan soft skills yang baik diharapkan akan mempermudah kita dalam mengajar dan dapat mengoptimalkan materi yang dapat diserap oleh para siswa kita……..

About these ads