“Tenses dalam bahasa Inggris ada berapa hayoo?”, tanya seorang pengajar bahasa Inggris. “Ada 12″….”Ada 8″…”Ada 16″….. Yang bener ada berapa ya?  Dari banyak sumber mengatakan ada 16 tenses.  Masih ingat waktu kita sekolah dulu bagaimana menghafal tenses? Yup…..kita diminta menghafal rumus atau kerennya structure.  Terus kalo 1 unsur aja lupa bisa kacau dong…..

Ada 3 hal yang menurut versi saya  bagaimana kita mengetahui rumus tenses dari suatu kalimat, yang perlu diketahui:

1.  Jenis kata kerja itu ada 3, biasanya Verb 1 disebut Infinitive, Verb 2 disebut Past Simple, Verb 3 disebut Past Participle.  Mari kita bikin ringkas bahwa Verb 1 biasa dipakai oleh tenses PRESENT, Verb 2 biasa dipakai oleh tenses PAST dan Verb 3 biasa dipakai oleh tenses PERFECT.

2.  Kita juga mengetahui bahwa keluarga Continuous diikuti oleh bentuk bare infinitive (V1)+ing dan sebelumnya ada to be (is, am, are, was, were, been).

3.  Kita juga mengetahui bahwa keluarga Perfect itu diikuti oleh Have, has dan had dimana have/has untuk bentuk present dan had untuk bentuk past.

Dengan mengetahui 3 hal diatas Insya Allah bisa tau kalimat itu tensesnya apa.  Kita coba yuk:

She had been living here ………………….

Yang perlu kita ketahui bahwa kunci tenses adalah KATA KERJA (VERB), dari kalimat diatas, verb-nya adalah living.

Kita mulai dari sana, kata living adalah masuk keluarga CONTINUOUS, untuk continuous kita tahu diikuti oleh to be, so kita lihat sebelumnya……ternyata to be -nya adalah been, kita ketahui bahwa been adalah to be bentuk kata kerja ke-3 dimana V3 adalah PERFECT, selanjutnya kita juga telah mengetahui bahwa keluarga perfect diikuti oleh kata bantu have, has atau had, jika kita lihat kata sebelumnya adalah had, jadi diambil kesimpulan bahwa Perfect-nya adalah dalam bentuk PAST.

Dapat deh tensesnya, yaitu PAST PERFECT CONTINUOUS.  Selamat mencoba….

1. Accuracy-or-fluency
2. Grammar….malas ah