Angka nol ditemukan oleh AlKhawaritzmi setelah sang Bapak Aljabar ini merasa aneh karena pada saat akan menuliskan angka tiga puluh, dia akan membuat kotak dimana kotak yang kiri diisi angka 3 dan kotak yang kanan dibiarkan kosong melompong.(http://apiqquantum.wordpress.com/2008/03/05/revolusi-alkhawaritzmi-matematika-sistematis/). Baru kemudian angka nol ditemukan dari India yang berarti kehampaan atau kekosongan. Terima kasih kepada Alkhawaritzmi atas penemuannya ini.
Dalam bahasa Inggris, penyebutan angka nol-pun bermacam-macam sesuai dengan fungsinya. Pernah tidak pada saat kita menonton pertandingan Badminton kelas dunia, sang wasit akan menghitung misalnya 2-0 dengan sebutan two-love, kok dia tidak bilang two-zero sebagaimana yang kita ketahui bahwa angka nol adalah zero dalam bahasa Inggris.
Mari kita bahas penyebutan angka nol dalam bahasa Inggris:
1. “Oh”, biasanya digunakan dalam konteks pengucapan no telfon terutama dalam British English, sementara dalam American English mereka memakai zero. Tapi saat ini keduanya dipakai dalam penyebutan angka nol dalam konteks nomor telfon.
Sebagai contoh: 8605480 = eight six oh five four eight oh
2. “Nought”, biasanya dalam konteks Matematika digunakan penyebutan ini dalam bentuk desimal. Misalnya: 0,8 = nought point seven, tetapi dapat menggunakan oh juga seperti 6,03 = six point oh three. Penyebutan ini mengingatkan saya pada salah satu makanan kesukaan kita yaitu donat. Konon aslinya kata donat adalah “doughtnought” kemudian dipersingkat menjadi “doughtnut” karena masih kepanjangan akhirnya menjadi “donut”. Itulah sebabnya bentuk donat bulat kali ya…..
3. “Zero”, pengucapan ini paling sering digunakan oleh orang, tetapi kita dapat mengkhususkan dalam pengucapan dalam konteks Temperatur.
Misalnya: -10 degrees = ten degrees below zero/minus ten degress.
4. “Nil”, biasanya ini digunakan dalam konteks olahraga lapangan luas yang melibatkan tim seperti sepak bola. Misalnya dalam sepak bola hasil pertandingan 2-0 = two nil.
5. “Love”, biasanya digunakan dalam konteks olahraga lapangan menggunakan alat seperti badminton, tennis, misalnya: 15-0 = fifteen love.
Penyebutan yang terakhir ini memang unik. Love diartikan sebagai angka nol dimana angka nol berarti kekosongan atau kehampaan, jadi…..silahkan simpulkan sendiri